Simak Perbedaan antara IP Camera dan CCTV

Simak Perbedaan antara IP Camera dan CCTV

Perbedaan antara IP camera dan CCTV – Salah satu keunggulan perkembangan teknologi yang masih berguna hingga saat ini adalah CCTV. CCTV yang dapat digunakan untuk melindungi rumah atau sebagai kamera keamanan. Nah, jika Anda ingin memantau rumah Anda melalui ponsel, sebenarnya Anda bisa menggunakan perangkat yang mirip dengan CCTV atau biasa dikenal dengan IP camera. Apa perbedaan antara IP camera dan CCTV?

Perbedaan antara IP Camera dan CCTV

Ketika berbicara tentang sistem keamanan berbasis kamera, banyak yang mungkin berpikir tentang CCTV. Secara umum, fungsi kamera CCTV dan IP memiliki kemampuan untuk merekam melalui video dan kemudian mengirimkan rekaman video tersebut untuk ditampilkan di layar monitor. CCTV adalah singkatan dari Closed Circuit Television, atau peralatan yang digunakan untuk mengkonversi video dari satu atau lebih kamera untuk transmisi ke perangkat penerima. Nah, pada umumnya CCTV menggunakan kamera analog yang diubah melalui perekam video digital melalui kabel koaksial. Kamera CCTV analog biasanya menghasilkan gambar dengan resolusi yang lebih rendah. Akibatnya, detail video tampak kabur atau kabur. Selain resolusi rendah, CCTV analog juga tidak dapat digunakan untuk zoom digital.

Selain CCTV, ada juga IP camera yang merupakan salah satu produk dari perkembangan teknologi. Berbeda dengan CCTV yang biasanya menggunakan kamera analog. IP Camera menggunakan koneksi internet yang bertujuan untuk mengirimkan gambar kamera, ini sebenarnya singkatan dari IP Camera yang merupakan Internet Protocol Camera. Banyak orang lebih suka menggunakan IP Camera karena mereka dapat memantau rumah mereka melalui ponsel. Tidak seperti kamera CCTV yang membutuhkan perekam video digital, IP Camera tidak memerlukan DVR, tetapi kamera IP menggunakan perangkat pengubah atau sering disebut sebagai sakelar yang dapat dihubungkan melalui perekaman video jaringan. Perbedaan antara IP camera dan CCTV. Resolusi IP Camera juga jauh lebih tinggi daripada CCTV dengan kamera analog, Anda bahkan dapat menghubungkan IP Camera ke ponsel untuk menontonnya jika Anda membutuhkannya.

Tips untuk Memilih  IP Camera

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, IP Camera memiliki kelebihan yaitu dapat digunakan untuk memantau rumah melalui ponsel. Jika Anda tertarik untuk memasang  IP Camera di rumah Anda, Anda dapat mengikuti tips penting di bawah ini. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah media penyimpanan. IP Camera tidak menggunakan DVR tetapi NVR, dan perangkat ini sebenarnya berisi hard disk. Hard disk berfungsi sebagai penyimpanan untuk menyimpan gambar yang direkam. NVR juga merupakan alat yang cukup penting karena ada pembuat ONVIF atau IP berbasis di alat ini. Ini biasanya digunakan untuk persamaan standar. Bahkan jika nanti Anda menggunakan kamera IP yang berbeda, Anda masih dapat menyinkronkan data menggunakan perangkat lunak yang sama.

Hal kedua yang harus diperhatikan berkaitan dengan kualitas gambar yang dihasilkan. Meskipun kita telah mengetahui bahwa IP Camera dapat menghasilkan gambar yang lebih baik daripada kamera analog, kualitas gambar lainnya mungkin bergantung pada garansi yang diberikan oleh toko. Secara umum, garansi yang diberikan oleh toko bisa dalam waktu 1 hingga 2 tahun. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan profil utama dari IP camera. Pilih IP Camera yang sudah memiliki fungsi POE atau Power Over Ethernet untuk menyalurkan daya melalui kabel jaringan. 

Demikianlah ulasan tentang Perbedaan antara IP camera dan CCTV. Dan sangat penting untuk memilih Mahavision sebagai Jasa pasang cctv murah yang sesuai SOP.

Baca Juga: 5 Bintang Premier League yang Bisa Bergabung dengan Barcelona